Bakrie Amanah

Bakrie Amanah
Logo Bakrie Amanah

Kamis, 13 Oktober 2016

PROGRAM PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN: EMP GELAR PELATIHAN BUDIDAYA DAN PENGOLAHAN TANAMAN LIDAH BUAYA KERJASAMA DENGAN UBPRENEUR DAN BAKRIE AMANAH



Empowering Centre, Menteng Atas/ 12 Oktober 2016

Program pelatihan kewirausahaan adalah wujud dari misi manajemen EMP untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship/kewirausahaan di kalangan karyawan EMP. Rangkaian program pelatihan berupa pengenalan budidaya beragam tanaman telah sebelumnya dilakukan oleh tim EMP. Pada kesempatan kali ini EMP menggandeng UBPreneur sebagai narasumber dalam pelatihan budidaya dan pengolahan tanaman lidah buaya.
Tanaman lidah buaya sudah terkenal dengan berbagai manfaatnya dan juga dikenal sebagai obat tradisional. Selain itu tanaman lidah buaya merupakan jenis tanaman dengan teknik perawatan yang mudah sehingga dianggap cocok bagi karyawan yang sibuk. 

Kegiatan dilaksanakan pada pukul 9 pagi bertempat di Saung Empowering Centre Kampung Makmur Menteng Atas yang dikelola oleh Bakrie Amanah. Pelatihan yang diikuti oleh 20 karyawan EMP ini dimulai dengan materi “Entrepreneurship” yang disampaikan oleh Bapak Didit Herawan dari Universitas Bakrie. Dalam presentasinya Bapak Didit menjelaskan tentang teori kewirausahaan dan  bagaimana menjadi seorang wirausahawan yang sukses. 

Materi selanjutnya disampaikan oleh Ibu Mirsa Diah Novianti selaku Dosen Universitas Bakrie yang juga praktisi usaha pengolahan lidah buaya. Dalam penyampaian materinya Ibu Novi menjelaskan tentang teknik budidaya lidah buaya, pengolahannya, hingga pemasaran produk olahan lidah buaya. 

Setelah penyampaian materi, peserta diajak untuk praktik penanaman lidah buaya dan juga pengolahannya. Dalam pengolahan lidah buaya yang dipraktikkan yakni membuat produk minuman “Jus Lidah Buaya”, proses membuat jus Lidah buaya yakni mulai dengan mengupas kulit lidah buaya untuk diambil dagingnya; daging lidah buaya dipotong-potong dadu; daging yang telah dipotong dicuci untuk menghilangkan getahnya; daging lidah buaya direbus hingga matang; daging lidah buaya diblender dijadikan jus; Jus lidah buaya yang sudah jadi direbus kembali dengan air hingga matang; jus siap disajikan.

“Saya kagum dengan manajemen EMP yang sangat concern terhadap pengembangan sumber daya manusianya, hal ini bisa dilihat dari rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan. Peserta pelatihan yang hadir hari ini juga menunjukkan antusias untuk mempelajari hal yang baru, yakni budidaya dan pengolahan lidah buaya. Keaktifan dalam sesi diskusi dan partisipasi aktif saat pelatihan menjadikan kegiatan hari ini begitu dinamis. Semoga pelatihan ini bisa menambah wawasan baru dan menjadi pilihan saat ingin terjun ke dunia wirausaha.” Ujar Ibu Novi selaku narasumber pelatihan dan dosen Universitas Bakrie.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar